Senin, 13 Juni 2016

Pantai Muaro Binguang

Pantai Muaro Binguang berada di Kecamatan Kinali dan menjadi salah satu alternatif daerah wisata pantai selain pantai sasak. Lokasi pantai ini cukup terpencil dan jauh dari keramaian karena di kiri kanan jalan banyak dikelilingi oleh pohon-pohon dari perkebunan sawit perusahaan swasta dan milik warga setempat. Karena sepinya lokasi ini, hewan-hewan buas seperti buaya air tawar masih dapat ditemui.
jika anda pergi ke Pantai Muaro Binguang, disarankan membawa kendaraan lebih dari 1, untuk antisipasi, karena -sampai tulisan ini dipublikasi- selain jaraknya yang jauh, perumahan sulit ditemukan, dan kondisi jalan yang masih berbatu/ belum diaspal (sekitar 5 Km menuju pantai).

Pemandangan wisata yang disajikan di Muara Binguang adalah hutan bakau dan pemandangan pantai yang mempesona. Pemandangan bakau di Muara Binguang ini di dominasi oleh pohon  bakau (Rhizophora sp) dan nipah (Nypa fructicans). Kombinasi pohon ini akan semakin semarak dengan adanya fauna yang ada di sekitar kawasan hutan yaitu monyet ekor panjang. Wisatawan bisa diajak mengelilingi bakau menggunakan perahu mesin tempel yang disewakan oleh nelayan.
Setelah wisatawan puas mengelilingi hutan mangrove, akan diajak menuju pantai yang begitu mempesona. Pantai yang indah, asri dan belum terusik. Dikarenakan untuk menuju lokasi ini harus melewati hutan bakau terlebih dahulu.

Walaupun bibir pantainya begitu bersih, dan berpasir putih, tetapi pengunjung harus berhati-hati jika ingin bermain air ataupun berenang.  Pantai ini memiliki ombak yang sangat besar dan datarannya curam. Akan tetapi dengan ombaknya yang besar tersebut akan sangat tepat dikembangkan sebagai areal berselancar (Surfing).
Ciri khas pantai yang bersih dengan pasir putihnya adalah idaman setiap orang. Pantai Muaro Binguang terletak di Desa Mandiangin, Kabupaten Pasaman Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar