Minggu, 12 Juni 2016

Benteng Tuanku Imam Bonjol

Dalam sejarah perjuangan rakyat Sumatera Barat, kita tidak dapat melupakan sosok Tuanku Imam Bonjol. Bonjol, Pasaman menjadi saksi perjuangan Imam Bonjol berserta pengikutnya dalam perang Paderi. Tuanku Imam Bonjol yang lahir di Bonjol, Pasaman, Sumatera Barat tahun 1772. Beliau wafat dalam pengasingan dan dimakamkan di Lotak, Pineleng, Minahasa, 6 November 1864. Beliau bernama asli Muhammad Shahab atau Petto Syarif. Dia adalah salah seorang ulama, pemimpin dan pejuang yang berperang melawan Belanda yang dikenal dengan Perang Paderi di tahun 1803-1837. Karena kegigihan dalam perjuangan itu, hingga pada akhirnya berdasarkan SK Presiden RI Nomor 087/TK/Tahun 1973, tanggal 6 November 1973 Tuanku Imam Bonjol diangkat sebagai Pahlawan Nasional Indonesia.
Menelusuri bekas perjuangan Imam Bonjol yakni Benteng Bukik Tak Jadi, masih asing bagi masyarakat Sumatera Barat. Benteng ini berlokasi Kampung Caniago, Nagari Ganggo Hilie, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman. Akses menuju lokasi sangat terjangkau, lokasi tak jauh dari kantor Wali Nagari Ganggo Hilir dan Pasar Ganggo Hilie. Di sepanjang jalan menuju lokasi benteng terdapat beberapa makam kuna, salah satunya makam Inyiak Son Sangbulu yang merupakan pengikut Tuanku Imam Bonjol.
Keberadaan Benteng Bukit Tak Jadi tersebut sudah lama menjadi perhatian banyak pihak, salah satunya Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau. BPCB Sumatera Barat yang bertugas dalam Pelestarian Cagar Budaya, telah melakukan pendataan yang kemudian menetapkan Benteng Tak Jadi tersebut menjadi Cagar Budaya dengan nomor inventaris 07/BCB-TB/A/08/2007.
Hasil gambar untuk benteng tuanku imam bonjol 
Situs Benteng Bukit Takjadi
Saat ini, di atas bukit Benteng Bukit Tak Jadi telah dibangun sebuah tugu monumen, di sana kita akan menemukan tulisan yang dikutip dari ungkapan Imam Bonjol. Ungkapan itu diucapkan Imam Bonjol atas kekecewaannya terhadap masyarakat Bonjol yang terpecah dan tidak mau bersatu, “melawan Kolonial Belanda bukan masalah bagiku, namun untuk mempersatukan masyarakat Bonjol terluka hatiku karenanya,”. Pemanfaatan situs Benteng Tak Jadi, selain untuk ranah pendidikan dan wisata sejarah, diarahkan pula untuk wisata olahraga paralayang yang sedang digiatkan sejak awal tahun 2015 kamaren oleh Pemerintah daerah Pasaman, yang disokong oleh Dinas Porabudpar, Wali Nagari Ganggo Hihie serta masyarakat setempat.
paralayang di Bonjol
Hasil gambar untuk benteng tuanku imam bonjol
Pemadangan nan indah, angin yang cocok untuk paralayang serta sejarah dari bukit tersebut yang menjadi faktor utama untuk memaksimalkan animo wisata sejarah dan olahraga yang akhirnya akan dapat menopang dalam upaya pengembangan dan pemanfaatan dari cagar budaya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar